SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITALISASI UNTUK LAYANAN MASYARAKAT DAN PEMBANGUNAN PEKON YANG BERKELANJUTAN MENUJU PEKON CERDAS

06 September 2024
Admin
Dibaca 86 Kali
SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITALISASI UNTUK LAYANAN MASYARAKAT DAN PEMBANGUNAN PEKON YANG BERKELANJUTAN MENUJU PEKON CERDAS

Digitalisasi adalah proses yang tidak bisa dihindari di era modern ini. Dengan memanfaatkan digitalisasi, semua kalangan masyarakat dapat meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan menumbuhkan kreativitas. Namun belum semua masyarakat tahu pentingnya penggunaan digitalisasi, untuk  mengatasi tantangan yang ada agar manfaat digitalisasi dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, Pekon Margodadi mengadakan sosialisasi pemanfaatan digitalisasi untuk layanan masyarakat di Gedung Serba Guna Margodadi, Kamis, 06/09/2024.

Kegiatan sosialisasi Pemanfaatan digitalisasi untuk layanan masyarakat , dihadiri oleh Kepala Desa Margodadi, BHP Pekon Margodadi, Perangkat Pekon Margodadi, Kader Poskesos Margodadi, Ketua RT sepekon Margodadi dan Mahasiswa IBN Pringsewu Lampung yang dalam hal ini sedang melakukan KKN di Pekon Margodadi.

Dalam sambutannya Kepala Pekon Margodadi ( DIDI HANDOKO ) menyampaikan bahwa saat ini kita tidak terlepas yang mananya digital, karena era digital  sudah berkembang maju di semua wilayah baik dari perkotaan maupun di pedesaan. Kita semua tahu memanfaatkan secara baik digitalisasi memudahkan kita  dalam mendapatkan berbagai informasi. Pada saat ini di kalangan masyarakat pun sudah banyak menggunakan nya seperti whatsapp maupun facebook dan Aplikasi lainnya  dalam kehidupan sehari-hari baik untuk komunikasi ataupun usaha.” ucapnya.

Didi Handoko menambahkan, saat ini serba menggunakan teknologi tentunya Pemerintahan Pekon Margodadi juga akan memaksimalkan digitalisasi untuk pelayanan admistrasi di desa dan memberikan  informasi desa secara akurat ke semua pihak yang membutuhkan. Dengan adanya sosialisasi seperti ini diharapkan untuk perangkat Pekon Margodadi dan Kader Pekon dapat memberikan wawasan kepada masyarakat terkait layanan berbasis digital untuk masyarakat, sehingga akan lebih mempermudah masyarakat dalam segi administasi pembuatan surat menyurat sesuai kebutuhannya.

Senada dengan yang disampaikan Kepala Pekon, BHP Margodadi yang dalam hal ini diwakili oleh wakil Ketua, SUPOYO RAHARDI juga menyampaikan sambutannya, “Saya selaku dari BHP Pekon Margodadi mengapreasiasi atas kinerja pekon untuk memberikan kemajuan desa, pastinya jika program ini dilaksanakan dengan baik, akan memberikan kemudahan-kemudahan baik untuk masyarakat Margodadi maupun pihak lain yang membutuhkan informasi Desa tanpa harus datang langsung ke kantor desa,” ucapnya.

Kasi Pemerintahan, Didi Gunari selaku pemberi arahan menyampaikan, Pekon Margodadi akan melakukan layanan administrasi baik secara online maupun offline dan memberikan informasi-informasi desa untuk memberikan kemudahan masyarakat Margodadi maupun pihak lain, untuk itu dengan ada perangkat Pekon, BHP, Ketua RT dan Poskesos yang hadir diharapkan dapat membantu memberikan arahan untuk masyarakat di lingkungannya tentang layanan dan informasi desa. Cara untuk bisa mendapatkan layanan online maupun informasi melalui website desa yang bisa akses langsung melalui Smart Phone, cukup buka  google masukan alamat website, contoh seperti ini ketik https://margodadi-pringsewu.desa.id

Melalui website desa akan diberikan informasi dan layanan, tentunya website tersebut tidak perlu didownload sehingga tidak perlu khawatir jika HP sudah penuh memori penyimpanannya. Website juga sudah disediakan nomor layanan administrasi dan nomor pengaduan”, ucapnya.

Didi menambahkan, nanti kepala dusun dan ketua rt diharapkan mensosialisasikan informasi tersebut, tentunya telah kami sediakan dalam lembaran kertas, berbentuk Kode QR dan link website agar mudah mengarahkan  masyarakat maupun pihak lain jika ingin memperoleh infomasi terkait tentang desa.

Perlu diketahui, layanan online Pekon Margodadi dilakukan full 24 jam, dan untuk layanan offline sesuai dengan jam kerja pelayan. Harapannya setelah diterapkan pelayanan online akan mempermudah masyarakat dalam memberikan layanan ataupun informasi public. Selain itu  kami juga mengharapkan  kepada masyarakat pada umumnya untuk memberikan saran, dan  kritik untuk membangun desa menjadi lebih baik.